Budaya

Migrasi Bangsa Polinesia

Bangsa Selandia Baru memiliki populasi yang berbeda-beda, tapi semuanya bersatu membentuk sebuah bangsa yang unik. Bangsa yang dikenal sebagai penjelajah yang merupakan keturunan dari bangsa Polinesia yang berani melintasi lautan yang luas hingga akhirnya menemukan kepulauan ini, membuat bangsa Selandia Baru dikenal sebagai pelaut yang ulung, tangguh dan pemberani. Penduduknya juga dikenal aktif dimana mereka selalu menghabiskan saat senggang mereka untuk melakukan olah raga air yang banyak tersedia di Negara mereka.

Pencampuran antara budaya Barat dan budaya suku Maori yang berasal dari bangsa Polinesia menjadikan Selandia Baru sebagai Negara yang kaya akan budaya. Tak hanya itu, budaya bangsa Selandia Baru juga mendapatkan pengaruh dari Amerika, Australia, dan juga budaya Asia.

Budaya Bangsa MaoriBudaya suku Maori sendiri sangat kaya dan bervariasi, dimana bangsa ini banyak menghasilkan karya tradisional yang sangat arstistik seperti mengukir, weaving, kappa haka (tarian), whaikorero (seni musik) dan moko (tato) yang semakin berkembang mengikuti jaman seiring dengan semakin kuatnya moderenitas dan teknologi. Banyak festival diselenggarakan seperti festival agama Hindu, Diwali, juga Tahun Baru China dan Festival Bangsa Polinesia yaitu Pasifika yang dirayakan secara tahunan di Auckland.

Bahasa Maori merupakan salah satu bahasa yang dikukuhkan menjadi bahasa nasional. Bahasa ini memiliki struktur yang logical dan memiliki aturan yang kuat dalam pengucapannya. Bahasa yang dulunya jarang digunakan karena hanya ada 4% penduduk yang paham, sekarang sudah mulai berkembang dan diperkenalkan terutama kepada penduduk yang tidak berbicara bahasa Maori. Saat ini bahasa Maori sudah diajarkan di sekolah-sekolah dan juga digunakan sebagai bahasa pengantar di salah satu stasiun tv.

Ukiran Bangsa MaoriNew Zeelanders, atau penduduk Selandia Baru merefleksikan kekreatifan mereka dalam seni dengan berbagai wujud. Banyak sekali seniman yang muncul yang kemudian memproduksi hasil seni yang menjadi cirri khas Selandia Baru. Lukisan dan seni ukir bangsa Maori banyak dinikmati dan dibeli sebagai cinderamata. Karya-karya masa lampau bangsa Maori dapat banyak ditemukan di museum, pasar, toko dan pasar jongkok di sepanjang negeri.

Tak hanya itu, seni moderennya menelurkan pelukis moderen, penulis, penulis puisi, Fashion, Musik dan Tarian, Pertunjukan panggung, serta film. Banyak budaya Maori yang diangkat dan dilestarikan lewat seni moderen tersebut.

Lord of The RingDengan dipakainya New Zealand sebagai lokasi film Lord of The Ring Trilogy turut serta memperkenalkan Selandia Baru kepada dunia, dan karena kecantikan alamnya yang mengagumkan yang dapat menceritakan keindahan alam masa lampau, maka saat ini banyak film yang mengambil lokasi seting film di Selandia Baru.

Hal ini mendorong berkembangnya industry film di Negara Kiwi ini yang hingga sekarang telah menghasilkan banyak film-film kelas dunia yang telah menghasilkan aktor-aktor yang juga piawai bermain peran.