Willyz widhy tabatabai's Blog

Just another WordPress.com weblog

Prioritas & Manajemen Waktu, Ringankan Beban Pekerjaan

Prioritas & Manajemen Waktu, Ringankan Beban Pekerjaan
Rabu, 17 Februari 2010 – 17:44 wib
text TEXT SIZE :
Share
Dewi Arta – Okezone
Kalau semua kepentingan dirasa prioritas, maka Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan waktu yang tersedia. Untuk itu, manajemen waktu yang baik dalam pekerjaan sangat diperlukan. (Foto: pmi)

HIDUP di kota besar, detik demi detik yang berlalu menjadi amat berharga. Tumpukan pekerjaan rasanya tak bisa diselesaikan dalam waktu 24 jam. Bagaimana kiat meringankan beban pekerjaan agar tak berefek pada kesehatan mental Anda?

Menghadapi berbagai beban pekerjaan yang menumpuk, Psikolog Henny E Wirawan menjelaskan ada berbagai cara yang bisa diambil agar Anda tidak stres berkepanjangan. Sebagai langkah awal, ia menuturkan, penting untuk pintar memilah pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Caranya dengan membuat skala prioritas.

“Tidak efesien kalau bekerja sambil mengerjakan pekerjaan yang lain. Kalau mau fokus, jangan bekerja sambil mengerjakan aktivitas lain, misalnya ngobrol atau mengetik sms. Kalau Anda tidak bisa berbagi perhatian, maka harus perhatian dengan pekerjaan Anda,” paparnya saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Rabu (17/2/2010).

Kalau semua kepentingan dirasa prioritas, maka Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan waktu yang tersedia. Untuk itu, manajemen waktu yang baik dalam pekerjaan sangat diperlukan.

“Harus seimbang antara waktu kerja dengan waktu istirahat. Kalau tidak kuat lembur, jangan memaksakan diri karena bisa membuat sakit kepala dan kondisi tubuh tidak fit. Efek sampingnya bisa lari ke stres,” lanjutnya.

Henny menambahkan, cuti tahunan yang idealnya 12 hari sebaiknya Anda manfaatkan untuk menyegarkan diri, setidaknya satu hari dalam sebulan. Sementara Sabtu dan Minggu, sebaiknya tidak digunakan untuk bekerja.

”Kalau bekerja, akhirnya tidak ada istirahat. Jadinya stres, sampai terbawa kemimpi. Kalau kerja, Anda harus bekerja dengan benar, dan kalau istirahat juga harus istirahat dengan benar. Jangan bekerja sambil istirahat. Kalau seperti ini, tubuh dibuat bingung. Kalau semua dilakukan dengan benar, kita bisa mengelola stres,” terangnya dengan rinci.

Tak cukup hanya melakukan berbagai trik diatas, staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara ini juga menjelaskan, beban pekerjaan tertentu bisa lebih ringan bila dibagi dengan orang lain, khususnya teman kerja.

“Bersama orang lain, pekerjaan akan terasa lebih mudah. Kalau Anda mengerjakan semuanya sendiri, tentu tidaklah sehat,” tutupnya.
(ftr)

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/02/17/198/304650/prioritas-manajemen-waktu-ringankan-beban-pekerjaan

Maret 3, 2010 - Posted by | post

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: